KIAT MEMANAJEMEN MASALAH

22 Jan 2011

Masalah adalah hal yang lumrah terjadi pada setiap orang. Tetapi banyak orang yang tertekan karenanya. Sebenarnya hal itu bisa dihindari asalkan kita tahu bagaimana menyikapinya. Jika kita pandai memanajemen masalah maka masalah tidak akan membuat kita menjadi stress. Juga kita tetap bisa menjalankan aktivitas hidup dengan normal. Berikut adalah kiat-kiat agar kita bias memanajemen masalah dengan baik, diantaranya:

1.Tulislah semua masalah Anda di buku harian. Ini berguna agar kita bisa melihat setiap permasalahan secara obyektif. Selang berapa lama bacalah kembali buku harian itu. Biasanya Anda akan bisa melihat permasalahan itu lebih jernih dibanding sebelumnya.

Sebenarnya tidak mesti Anda menuliskan masalah itu di buku harian. Anda bisa menggunakan komputer Anda, handphone yang ada alat perekamnya. Atau berkeluh kesah di video handphone dengan ekspresi sedih, kemudian suatu waktu Anda membukanya kembali. Hm, siapa tahu sebuah ide pemecahan akan muncul saat itu, dan Anda bisa menyelesaikan setiap permasalahn Anda dengan baik.

2. Curhatlah pada seseorang yang Anda percaya. Dia bias mendengar semua keluh-kesah Anda. Menurut pengalaman, walaupun curhat tidak menyelesaikan masalah, tapi beban batin akan terasa ringan setelah mengeluarkan seluruh uneg-uneg kita. Lebih bagus lagi kalau orang yang kita ajak curhat bias memberi masukan berharga bagi penyelesaian masalah kita.

3. Buatlah skala prioritas untuk semua masalah. Kadang diperlukan membuat skala prioritas untuk semua masalah Anda. Jadi selesaikanlah dulu masalah yang dianggap paling penting atau sesegera mungkin. Masalah yang masih bisa ditunda bisa diselesaikan kemudian.

4. Lihatlah suatu masalah secara proposional. Jika Anda sudah berusaha keras tetapi hasilnya tidak sesuai keinginan, terimalah hal itu dengan lapang dada. Ini tidak berarti bahwa Anda lalu diam atau berhenti berusaha lho. Tetapi mencari alternatif solusi penyelesaian masalah dengan cara lain.

5. Ambillah hikmah dari setiap masalah yang menimpa. Sikapilah masalah Anda dengan melihat sisi positifnya. Jangan menganggap masalah Anda sebagai ancaman. Karena itu akan membuat Anda cenderung melarikan diri dari masalah. Baiknya, anggaplah masalah itu sebagai tantangan. Persis seperti ujian sekolah saja. Jika masalah Anda selesai berarti Anda lulus ujian. Kalau lulus ujian Anda pasti bahagia kan?

Di atas semua itu jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat. Seimbangkan semua aktivitas hidup Anda. Bekerja, berolah raga, bersosialisai, beribadah dan rekreasi tetap dilaksanakan agar Anda memiliki daya tangkal yang kuat terhadap stress. Ingat, aktivitas yang satu tidak mempunyai porsi yang jauh lebih besar dibanding aktivitas lain. Kerjakan semua sesuai kebutuhan. Satu lagi, jangan memiliki keinginan yang terlalu muluk-muluk karena itu juga bisa memicu stress. Milikilah keinginan sesuai kemampuan dan lihatlah kenyataan apa adanya. Semoga bahagia beserta Anda. Amien.

Dari berbagai sumber.


TAGS masalah solusi


-

Author

Follow Me