APAKAH ANDA TERMASUK IBU YANG PENUH PERHATIAN?

22 Jan 2011

Tipe ibu seperti apakah Anda? Dengan menjawab secara jujur kuisioner ini, Anda akan mengetahui apakah Anda tipe ibu yang sangat perhatian, cukup perhatian atau tak peduli sama sekali terhadap perkembangan psikis anaknya. Yuk menjawab 10 pertanyaan berbentuk kuisioner di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. Sepulang sekolah, anak Anda dengan bersemangat menceritakan bahwa ia tadi bisa menulis di papan tulis. Dan ternyata tulisannya bagus dan rapi sehingga ibu guru memujinya. Saat itu Anda tengah sibuk memasak. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Mengatakan bahwa anda sedang sibuk dan nanti jika sudah selesai baru akan mendengarkan ceritanya.
b. Mengabaikannya dan menganggap hal itu tidaklah istimewa.
c. Jika memungkinkan menghentikan dulu kegiatan Anda dan memperhatikan apa yang diceritakan anaknya dengan sungguh sungguh.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah C. Jawaban C menunjukkan bahwa Anda ibu yang sangat perhatian. Sebaiknya pertahankan sikap demikian. Karena Anda telah menumbuhkan kepercayaan diri anak Anda.
Tetapi jika Anda memilih jawaban A, berarti Anda telah memadamkan keinginan bercerita pada anak.
Jawaban B lebih buruk lagi. Anda benar benar ibu yang sangat tidak peduli pada perkembangan anaknya.

2. Anak Anda belajar memakai baju sendiri. Tapi ia salah memasang kancing- kancingnya sehingga bajunya jadi panjang sebelah. Apa yang akan Anda katakan?
a. Ade salah tuh pasang kancingnya. Masa berantakan begitu.
b. Bila sedikit lagi kancingnya dipasangkan ke atas, pasti lebih rapi.
c. Ade sekarang pintar ya, sudah bisa memakai baju sendiri. Rapi lagi.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah B. Jangan sekali kali menunjuk langsung kesalahan anak. Perasaannya yang peka akan tersinggung. Sebaiknya, hargailah usahanya. Kritiklah ia dengan kata kata yang halus seperti jawaban B.
Bagaimana jika Anda memilih jawaban A? Anda menunjuk langsung kesalahan anak. Ini akan mematikan daya kreatifitasnya. Akibatnya anak Anda akan malas berkreasi lagi.
Sementara untuk jawaban C, Anda memujinya sekaligus berbohong. Anak akan berpendapat bahwa mengenakan baju yang panjang sebelah itu bagus dan rapi. Dan itu akan menjadi patokan jika ia memakai baju lagi.

3. Anda tahu, anak Anda berbakat menyanyi.Tapi ketika ada perlombaan karaoke ia tak mau naik ke pentas. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Memarahinya, mengancamnya dan mengatakannya bodoh.
b. Anda memacu semangatnya dengan membandingkannya dengan teman temannya yang berani naik ke pentas.
c. Anda menanyakan alasannya, menyemangatinya dan mengingatkan kelebihannya.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah C Ingatkan anak anda dengan prestasi yang pernah diraihnya walaupun hal yang sepele. Katakan bahwa Anda sangat bangga waktu itu. Biasanya anak akan tertantang untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik. Sebaliknya jika ia dimarahi,diancam atau diberi label buruk, anak akan semakin takut dan rendah diri. Membanding bandingkan dengan temannya pun kurang baik. Kebanyakan dibanding bandingkan akan menyebabkan anak kehilangan kepercayaan dirinya.

4. Tahun ini, tanpa diduga anak Anda mendapat ranking pertama di sekolahnya.Apa yang akan Anda lakukan?
a. Mengatakan kepada teman -temannya dan orang tua yang hadir bahwa anak Anda memang anak yang rajin dan pintar.
b. Merasa bangga dan memuji anak dengan tulus.
c. Biasa biasa saja. Toh prestasi di sekolahnya itu tidak menjamin ia sukses di masa depan.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah B. Memuji anak atas setiap prestasi yang diraihnya akan memotivasi anak untuk berprestasi lebih baik lagi.
Jawaban A sebaiknya tidak dilakukan. Jika kebaikan kebaikan anak dibicarakan kepada orang lain, apalagi anaknya juga hadir, anak akan menjadi sombong, merasa cukup baik, ia akan merasa tidak perlu perbaikan lagi.
Jawaban C menyimpulkan bahwa Anda ibu yang tidak bisa menghargai prestasi anak. Memang benar, hal itu tidak menjamin is sukses di kemudian hari. Tapi yang harus diingat, anak membutuhkan penghargaan atas prestasi yang diraihnya.

5. Pulang bermain anak laki laki Anda menangis tersedu sedu. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Memberitahu anak bahwa sebagai anak laki laki ia harus tegar, mandiri dan tidak boleh cengeng.
b. Mengatakan jika ia menangis terus, nanti akan menjadi anak cengeng atau seperti banci.
c. Anda bertanya mengapa lalu memeluk dan menciumnya.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah C. Hanya memeluk dan mencium anak ketika ia menangis, tidak akan membuat ia jadi kolokan kok.
Jika Anda menjawab A, berarti Anda memaksa anak untuk bersikap jantan.Ia bisa menderita lho!
Jadi, tak ada salahnya jika suatu waktu anak lelaki Anda menangis.. Justru itu penting untuk perkembangan jiwanya.

6. Anda sedang memarahi anak Anda karena suatu hal. Tiba tiba anak menimpali ucapan Anda. Apa reaksi Anda?
a. Semakin memarahinya karena anak tidak boleh memotong pembicaraan orang tuanya.
b. Menganggapnya tidak usah membela diri karena jelas bersalah.
c. Memberi kesempatan kepada anak untuk memberikan alasan dan pembelaan.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah C. Jawaban A berasal dari pendapat yang berkembang dalam masyarakat bahwa ketika orangtua sedang marah, anak tidak boleh menimpali pembicaraan orang tuanya. Anak harus diam menunggu sampai orang tua selesai marahnya.Padahal mengomelnya orang tua tidak bisa ditentukan waktunya. Bisa saja sangat lama.
Jawaban B adalah jawaban orang tua yang otoriter. Apapun masalahnya sebaiknya orang tua tidak langsung mencapnya bersalah. Anak yang merasa benar tapi kita salahkan akan terguncang harga dirinya. Sebaliknya, jika ia bersalah jangan kian ditekan sebab akan timbul emosionalitas yang berpengaruh pada perangai tertentu
Jawaban C akan mampu menumbuhkembangkan kepercayaan diri anak dalam menghadapi suatu masalah.

7. Anak Anda sangat menyukai komik asing. Apa yang akan Anda lakukan?
a. membelikannya semua komik kesukaannya agar bisa merangsang minat bacanya.
b. Melarangnya membaca komik dan menggantinya dengan buku buku ilmu pengetahuan.
c. Menyeleksi dulu komik komik yang akan dibaca anak, kalaupun harus membeli, Anda menunjukkan bagian yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia sebelum anak membacanya.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah C Komik memang jenis bacaan yang paling disukai anak anak. Dampak buruknya jika tokoh komik itu seorang yang negatif seperti nakal, iseng atau terlalu dewasa untuk ditiru anak anak. Orangtua perlu menyeleksi komik yang baik untuk anak. Misalnya komik yang alur cerita dan temanya baik. Juga tokohnya bisa menjadi panutan anak anak.
Komik memang bisa merangsang minat baca anak. Melarang membaca komik dan menggantinya dengan buku ilmu pengetahuan harus dipelajari dulu. Bisa jadi anak tak mau membacanya karena minatnya lebih cenderung pada komik.
Jawaban paling bijaksana adalah C. Anak Anda tak akan terkena dampak buruk dari membaca komik.

8. Anak anda yang berumur lima tahun memanjat tiang yang tinggi, kemudian jatuh. Hukuman apa yang akan Anda berikan?
a. Mama kan sudah mengatakan, jangan memanjat tiang, memanjat pohon. Jangan melakukan hal hal yang berbahaya. Lihat, akibatnya jatuh kan?
b. Anda memukul dan mencubitnya biar jera.
c. Anda mendiamkannya sehari penuh dengan tidak menyapanya.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah C. Para ahli pendidikan anak menganjurkan untuk tidak terlalu sering berkata jangan setiap kali anak melakukan kesalahan. Biasanya, semakin dilarang, anak malah akan semakin melakukannya. Semakin sedikit kata itu diucapkan, akan semakin sedikit pula kemungkinan dilakukannya kesalahan oleh anak Anda.
Jawaban B adalah memberi hukuman dalam bentuk kontak fisik. Hukuman seperti ini biasanya akan menjadikan anak kebal. Anak yang selalu dipukul atau dicubit akan berpikir akan memperoleh hukuman serupa setiap kali berbuat salah. Dan itu sama sekali tidak efektif.
Cara hukuman seperti jawaban C akan menumbuhkan kesadaran pada diri anak bahwa yang ia lakukan adalah salah. Perlakuan seperti itu akan menimbulkan penderitaan tertentu pada anak, sehingga ia pasti akan merasa malu, takut dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

9. Anda mendapati anak Anda berbohong. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Memojokkan anak dengan pertanyaan pertanyaan yang bersifat menuduh.
b. Membiarkannya karena anak anak mempunyai karakter khas yang suka melebih lebihan banyak hal.
c. Mengajarkan nilai moral dengan menunjukkan bahwa dengan berbohong berarti merugikan orang lain dan diri sendiri.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah C. Jawaban A sebaiknya jangan dilakukan. Setiap anak butuh kepercayaan. Jawaban B juga harus dihindari. Bila kita membiarkan anak kita berbohong, berarti kita melakukan pembenaran pada perilaku bohong.

10. Ibu ibu tetangga sibuk memasukkan anaknya kursus komputer dan mental aritmetika. Kegiatan yang lagi ngetren itu tidak diminati anak Anda. Sebaliknya, ia malah merengek ingin les berenang saja. Apa tindakan Anda?
a. Memasukkannya les bernang sesuai keinginannya.
b. Memaksanya ikut les komputer atau mental aritmetika untuk menunjang pendidikannya di sekolah.
c. Anda berpikir lebih baik tidak memasukannya les komputer atau aritmetika karena tak diminati anak. Dan Anda juga tidak memasukkannya les berenang karena Anda menganggap kegiatan itu kurang bermanfaat.

Apakah jawaban Anda?
Jawaban ideal adalah A. Umumnya orang tua ingin mempunyai anak yang banyak kemampuan dan keterampilan. Apapun kegiatan yang diikuti anak, janganlah menambah bebannya. Berkompromilah dengan anak sebelum menentukan suatu kegiatan. Jika kegiatan itu disukai anak maka akan membantu perkembangan anak ke arah yang lebih positif.
Sebaliknya, jawaban B akan membuat anak tertekan. Kalaupun kegiatan itu Anda anggap penting untuk masa depannya maka berilah pengertian kepadanya.
Jawaban C adalah persepsi salah tentang kegiatan berenang. Sebaiknya orang tua memilihkan kegiatan lain yang positif. Kalau anak punya waktu dan Anda punya dana, kenapa tidak?

Dari berbagai sumber.


TAGS quis quiz psikologi untuk ibu


-

Author

Follow Me