HAI ORANG TUA, KENDALIKANLAH MARAHMU

12 Jul 2010

Orang tua seringkali melakukan perbuatan yang tidak semestinya dilakukan ketika marah. Secara sadar ataupun tidak, perbuatan orang tua tersebut bisa menyakiti anak baik fisik maupun psikisnya. Dampaknya selain bisa dirasakan saat itu, juga akan mempengaruhi perkembangan jiwa anak selanjutnya. Berikut beberapa perbuatan orang tua yang tidak bisa mengendalikan dirinya ketika marah:
1. Orang tua bersuara keras atau membentak bentak
anak. Jika hal itu sering dilakukan, lama lama anak akan kebal terhadap suara yang keras. Hal itu juga bisa menghilangkan sifat kelemahlembutan anak. Sebagai manusia yang juga mempunyai harga diri, anak pasti tersinggung jika dibentak bentak atau dimarahi dengan suara yang keras. Anak akan merekam kesan buruk bagaimana orang tua memarahinya. Bahkan kegeraman dan kebengisan orang tuanya juga. Hal itu akan membekas dalam jiwanya. Bukan mustahil pula bisa menyatu mewarnai kepribadiannya.
2. Menghukum anak dengan kekerasan. Boleh jadi anak
anda bersalah. Tapi tidaklah bijaksana jika anda harus mencubit atau memukulnya. Anak bisa menderita secara fisik seperti lecet dan memar. Tetapi ada yang lebih berbahaya dari sekedar luka fisik. Menurut para ahli, ada kemungkinan anak berperilaku amoral atau menjadi nakal. Hal itu sebagai pelampiasan dendam atas perlakuan buruk orangtuanya. Dendam yang selama ini disimpan di alam bawah sadarnya.
3. Orang tua memberi cap atau label buruk kepada
anak. Makian, hinaan atau sumpah serapah seperti; dasar anak tolol! Dasar anak bandel! Dasar anak setan! Bisa membuat anak tersinggung. Perasaannya mengatakan kalau orang tua telah merendahkan derajatnya. Jangan heran kalau anak pun akan tumbuh menjadi cap atau label tersebut.
Jadi pandai pandailah orang tua mengendalikan dirinya ketika marah. Sebab anak membutuhkan bimbingan dan petunjuk untuk membentuk kepribadiannya. Dan bukan menjadi sasaran emosional orang tuanya.

Dari berbagai sumber.


TAGS HAI ORANG TUA KENDALIKANLAH MARAHMU psikologi marah anak orang tua


-

Author

Follow Me